Rabu, 16 November 2016

Mengenal spesifikasi Daihatsu Himax, Pikap kecil irit, JAGOAAN JALAN SEMPIT


Daihatsu mempunyai keluarga baru di kelas pikap untuk menemani pendahulunya Daihatsu Gran Max. Bermesin 1000cc milik Ayla, Daihatsu membuat mobil yang bisa digunakan oleh pebisnis yang membutukan daya angkut low hingga middle, dengan body yang kecil hingga mampu melewati gang-gang kecil yang ada di Indonesia.
Mengenal spesifikasi Daihatsu Himax, Pikap kecil irit.
Peluncuran Daihatsu Himax

Basis Hi-Max menggunakan platform yang sama dengan generasi baru Hijet di Jepang. Hi-Max ibarat perpaduan Hijet dan Gran Max.

Panjang Hi-Max 3,395 m, lebar 1,475 m, tinggi 1,77 m, dan wheelbase 1,9 m. Ukuran tubuhnya yang setara kei truck seberat 1.739 kg dan mempunyai radius putar efisien, yakni 4 m. Keunggulan pikap berpenggerak roda belakang ini jago keluar-masuk jalanan sempit.
Transmisi 5 percepatan Daihatsu Himax
Transmisi 5 percepatan Daihatsu Himax

Pikap Daihatsu Hi-Max cuma dilengkapi transmisi manual 5-percepatan.
Di Jepang Hijet menggunakan mesin 660cc, sedangkan Hi-Max memiliki mesin 1KR-DE, 3-silinder, 1.0L. Mesin ini sama digunakan pada Ayla (65 tk) namun tenaganya di Hi-Max lebih kecil, yakni 56 tk. Torsinya sama, 85 Nm. Hi-Max cuma punya satu pilihan transmisi, manual 5-percepatan.
Kapasitas Daihatsu Himax hingga 1 ton
Kapasitas Daihatsu Himax hingga 1 ton

Pikap Daihatsu Hi-Max sanggup mengangkut beban 750 - 1.000 kg.
Ukuran bak yang digendong Hi-Max, panjang 1,935 m, lebar 1,395 m, dan tinggi 0,285 m. Kemampuan angkutnya diklaim 750 kg, kendati begitu Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development Astra Daihatsu Motor menjelaskan bisa dimaksimalkan sampai 1 ton.

Interior Daihatsu Hi-Max, varian tertingginya dilengkapi AC, power steering, dan jok pengemudi yang bisa digeser maju-mundur.
Kabin Daihatsu Himax
Kabin Daihatsu Himax

Hi-Max dijual Rp 93,3 juta (Otr Jakarta), namun tersedia juga varian dengan tambahan power steering, AC, dan jok pengemudi yang bisa digeser dengan banderol Rp 103,3 juta(Otr Jakarta. Semua varian menggunakan sistem kemudi rack and pinion, cakram berventilasi pada rem depan, dan tipe rem tromol di belakang.

Suspensi bagian depan didukung MacPherson Strut plus per keong, sedangkan di belakang rigid-axle dengan per daun. Seluruh ban memakai ukuran 145R dengan pelek 13 inci.

Kini pengusaha “tahu bulat”, tabung gas, galon air minum, dan buah plus sayuran, punya pilihan pikap yang lebih ekonomis. Di pasaran, Hi-Max tidak punya pesaing. Pihak ADM mengatakan, Hi-Max tidak ditujukan mengambil alih pasar sepeda motor roda tiga.

Bisa jadi pesaing Tata Ace yang lebih dulu ngaspal di Indonesia dengan body kecil dan mesin iritnya.
Sumber : Kompas otomotif